KAMI TELAH BERPENGALAMAN DALAM PELAYANAN PEMELIHARAAN DAN PERBAIKAN MESIN PHOTOCOPY / PRINTER CANON

20110416

TIPS USAHA PHOTOCOPY

TIPS MEMBUKA USAHA PHOTOCOPY
Usaha PHOTOCOPY memang sangat menjanjikan, namun sebelum anda memulainya, ada baiknya anda pertimbangkan beberapa hal agar usaha anda nanti dapat berjalan dengan maksimal..

PERTAMA
Faktor Lokasi Usaha.
Apapun usaha anda faktor lokasi sangat menentukan maju atau tidaknya usaha anda.
Lokasi yang Strategis tentu sangat menunjang usaha anda... tapi dimana lokasi yang sangat Strategis untuk usaha PHOTOCOPY....???
Ada beberapa tempat yang perlu anda pertimbangkan untuk usaha PHOTOCOPY..

LINGKUNGAN DEKAT SEKOLAH ATAU PERGURUAN TINGGI
Lingkungan ini sangat strategis untuk buka usaha PHOTOCOPY karna para siswa atau mahasiswa sangat membutuhkan penggandaan buku teks, tugas sekolah, catatan kuliah atau skripsi.

LINGKUNGAN PERKANTORAN
Lingkungan ini juga tidak kalah strategisnya dengan lingkungan yang pertama tadi.
baik perkantoran pemerintah atau perkantoran swasta, mereka membutuhkan penggandaan dokumen.

KEDUA
Faktor Mesin PHOTOCOPY
Faktor ini juga sangat menentukan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan mengenai mesin PHOTOCOPY.

PENGADAAN MESIN
Mesin yang baru tentu dapat menghasilkan Copies yang baik, namun mesin yang baru juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit, ada baiknya bila anda baru memulai Usaha ini menggunakan mesin yang rekondisi karna harga belinya lebih murah. sebelum membeli Mesin rekondisi pastikan consumablenya masih tersedia di pasaran. Yang perlu diperhatikan dalam membeli mesin rekondisi adalah kondisi Drum-nya harus masih bagus.
PERAWATAN MESIN
Bila anda tidak mengerti mengenai perawatan mesin, Pastikan anda mendapatkan pelayanan service pasca jual YANG BAIK pada saat membeli mesin, bila tidak hal ini dapat menghambat usaha PHOTOCOPY anda. Carilah Dealer atau Agen mesin PHOTOCOPY yang tidak terlalu jauh dari tempat Usaha anda agar pada saat anda membutuhkan Service tidak terlalu lama menunggu datangnya teknisi.
CONSUMABLE/BARANG HABIS PAKAI
Pastikan juga KEMUDAHAN dalam mendapatkan barang2 yang habis pakai seperti Drum dan TOner/Tinta, bila saatnya harus diganti, jangan sampai anda mengalami kesulitan untuk mendapatkannya dikarnakan sudah tidak tersedia dipasaran.
HARGA JUAL
Harga jual juga sangat menentukan ramai tidaknya usaha PHOTOCOPY anda.. dalam menentukan harga jual janganlah memasang harga yang tinggi, apalagi ada saingan usaha yang sejenis dilokasi anda buka usaha.
Kenapa saya bilang JANGAN MEMASANG HARGA TINGGI...???
Mari saya jelaskan sebentar...!!!
Usaha PHOTOCOPY bukanlah Jenis Usaha seperti usaha yang lain...
Usaha PHOTOCOPY merupakan usaha penggandaan dokumen yang hanya menghasilkan "RECEHAN" perlembarnya, sementara modalnya CUKUP LUMAYAN...
kalau dihitung hitung mulai dari biaya sewa tempat,pembelian mesin,biaya listrik,upah karyawan,harga modal kertas,belum lagi biaya pemanggilan teknisi... Wahh..jangankan dapat untung... Balik modal juga belum tentu...

Lalu dari mana kita bisa dapat KEUNTUNGANnya dari Usaha PHOTOCOPY...
Usaha PHOTOCOPY merupahan Usaha "PANCINGAN" dimana setiap orang yang datang, kita harapkan bukan hanya datang untuk menggandakan dokumen saja tapi melakukan transaksi lainnya seperti membeli peralatan tulis atau ATK, penjilidan dokumen, laminating atau jasa yang lainnya... nah dari transaksi-transaksi itulah kita bisa mengambil keuntungannya. kata teman saya Istilahnya "KEUNTUNGAN SUBSIDI SILANG".

Jadi bila anda berencana mau buka USAHA PHOTOCOPY saya sarankan jangan hanya Jasa penggandaan dokumen saja tapi anda juga harus menyediakan jasa yang lain, semakin banyak jenis jasa yang anda sediakan semakin banyak kemungkinan orang akan bertransaksi di tempat usaha anda, secara tidak langsung keuntungan anda pun akan bertambah.

KETIGA
Faktor Pelayanan
KEPUASAN PELANGGAN adalah kunci utama dalam setiap Usaha, bila pelanggan merasa puas dengan pelayanan usaha anda,tentu dia tidak akan mencari pelayanan di tempat lain. tapi sebaliknya bila pelanggan anda sekali saja kecewa dengan pelayanan yang anda berikan, apalagi pelanggan baru, jangan harapkan dia akan kembali lagi, lebih parahnya lagi bila dia lampiaskan ketidak puasannya tersebut dengan cara menceritakan ke pelanggan anda yang lain... Wah, bisa lari semua Pelanggan...
kalau sudah begitu, tentu akan menghambat perkembangan usaha anda.
Banyak hal yang bisa membuat pelanggan betah dengan pelayanan Usaha anda, mulai dari pelayanan harga, kecepatan dan kerapihan dalam pelayanan, bisa juga dari cara berkomunikasi yang familiar dengan pelanggan, apalagi kalau anda sesekali mau berkorban sedikit saja dengan memberi pelanggan discount atau bonus, walau hanya sekedar souvenir murahan yang anda berikan kepada pelanggan tapi saya yakin dampaknya akan sangat dahsyat untuk mengikat pelanggan agar tidak lari ke tempat lain.
Saya yakin ada banyak cara untuk memberikan kepuasan kepada pelanggan.
Carilah kepuasan pelanggan jangan cari keuntungan, karna bila anda mampu memberikan kepuasan kepada pelanggan, anda juga akan mendapatkan kepuasan tersendiri dan keuntungan akan datang dengan sendirinya..


Terima kasih...
Semoga tulisan ini dapat bermanfaat dan dapat memberikan inspirasi buat anda semua.
Kritik dan saran serta komentar anda kami harapkan..


No comments:

Post a Comment